Steps of Installing the Small Hole Biopore Based Artificial Recharge (bio_bar)

Select location where overland flow tends to converge, or dig a furrow to direct overland flow into the hole.

Drill a pit hole at the bottom of furrow using “biopori” auger up to maximum 100 cm depth or above water table if water table is shallow.

When necessary, plug the most upper part of the hole with a hollow protection cap

Soon, fill up the hole with solid organic waste


26 thoughts on “Steps of Installing the Small Hole Biopore Based Artificial Recharge (bio_bar)

  1. Kalau ini terjadi didlm rumah bagaimana? Di dlm rmh saya ada lubang tempat bertemunya talang air, ketika hujan, slalu banjir, padahal saya sdh coba membersihkan lubangnya, tp tetap saja banjiir.. Mohon solusinya ya.. Terima kasih byk

    • Mohon info, apakah lubang yang dimaksud merupakan lubang pembuangan air atau lubang resapan ?? Ada peluang lubang tersebut kapasitasnya tidak sesuai dengan air jumlah air yang masuk, apalagi jika posisinya di pertemuan talang.

    • Untuk pembelian, langsung ke sekretariat seperti tercantum di website atau dengan dikirim. Untuk dikirim silahkan diinformasikan jumlah pesanan dan alamat kirim via email atau SMS

  2. pak/mas, saya mau tanya kalau beli dimana? dan harganya berapa? dan minimum berapa banyak,
    kota semarang. trims

  3. apakah membuat Lubang Biopori bisa di buat sendiri di halaman pekarangan rumah? maksimal harus membuat berapa lubang?

    • Ya, membuat LRB dapat dilakukan sendiri. Jumlah yang disarankan adalah 28-30 lubang untuk setiap 100 meter persegi bidang kedap (tapak bangunan, tempat parkir dan sejenisnya)

      • maksudnya setiap 100m2 harus ada paling tdk 28-30 LBR? dibuatnya di mana kalau di 100m2 itu tidak ada lagi halaman/pekarangan yg trsisa (perkerasan semua). Trms

  4. Pak, kompos yang sudah jadi perlu dipanen tidak?
    Berapa lama matangnya?
    Cara panennya bagaimana?
    Terima kasih

    • Secara alami kompos akan siap dipanen setelah 3 bulan. Pemanenan dilakukan pada saat musim kemarau, pada saat lubang resapan tidak aktif meresapkan air. Pemanenan dilakukan dengan menggunakan bor biopori

  5. Pak / Mas, kalau saya pesen 1 tak untuk sendiri bisa gak ya?? Lubang BIOPORI itu bisa nggak buat penampungan buangan air limbah rumah tangga (Misal air bekas cuci piring, cuci pakian, air mandi, cuci tangan)? Karena kalau dilihat air limbah rumah tangga itu kan sering dibuang. THX infonya.

    • pak boleh ga jika hanya memesan 1 saja bor LBR yg fortable dan berapa harganya. Juga bgmn jika LBR tsb utk menampung limbah air rumah tangga (air cucian, air mandi) bisa tidak? mohon penjelasannya pak

  6. yang dimaksud dengan artivisial pada kompos apa ya? dan contoh dari aerobik dan aneorobik itu apa yaah? terimakasih sebelummnya, mohon dijawab ya :)

  7. Mau tanya Pak, berapakah jarak yang dianjurkan/diperbolehkan antara lubang biopori dan sumur bor ? Saya takut air sumur bor tercemar (sumur air dangkal, kurang lebih 10 meter kedalamannya), karena lubang biopori kan berfungsi juga sebagai komposter. Terima kasih atas jawabannya.

  8. bagian belakang rmh saya tdk sepenuhny tanah(krna memang kontur tanah kapur), sktr kedalaman 40cm dr permukaan tanah udah batuan kapur, kira2 bisa tdk dbikin lubang biopori??

  9. Pak seandainya lubang dibuat diselokan yang ada di pinggir jalan. Ada kemungkinan dinding lubang runtuh ga? seandainya terjadi runtuh kan bisa buat amblas jalannya. sebaiknya bagaimana solusinya seandainya terjadi begitu…
    trimakasih..

  10. tanya mas, saya ada rencana beli bor nya 1 saja, boleh?. harga bor tipe L01 berapa? kalau tipe portable S01 berapa? termasuk ongkos kirimnya, bila dikirim ke boyolali, jawa tengah (alamat di pusat kota)
    terima kasih

  11. kalau dikatakan luas bidang resapan 100m2 dibutuhkan 28 – 30 LRB, maka hasilnya akan berbeda kalau dibuat LRB dengan jarak antaranya 50 – 100 cm. Jumlah yang didapat akan lebih dari 30 LRB dalam 100 m2.
    Demikian, mohon klarifikasinya. Terima kasih.

  12. bagaimana cara memasang semen di sekitar LRB dan apabila di buat di saluran pembuangan apakah masih perlu diberi semen?
    apakah lubang tidak akan kembali seperti semula jika tidak ada yang menyangga dan hanya diberi sampah organik?

  13. Maaf mau nanya, klo tanah di depan rumahnya susah di bolongin bagaimana? apakah alat biopori dapat menembusnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *