Hitachi Eco Conference 2012

Pembangunan ekonomi yang seimbang, inklusif, dan berkelanjutan membutuhkan dukungan sektor infrastruktur yang kuat. “Terdapat tiga arah dalam pembangunan berkelanjutan, yaitu: keberlanjutan kesejahteraan masyarakat, keberlanjutan kegiatan ekonomi masyarakat, dan keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan bagi generasi sekarang dan masa depan,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Alisjahbana,

Armida mengatakan penerapan konsep efisiensi ekologis dalam infrastruktur mengandung arti penggunaan sumber daya energi, air, materi, dan tanah yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator Humanitarian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Indonesia, El-Mostafa Benlamlih, mengatakan paradigma pembangunan harus bergeser menyusul runtuhnya perekonomian Eropa dan Amerika.

“Paradigma baru perlu memperhatikan persoalan ketidakadilan, perubahan iklim, dan ancaman geopolitik,” kata Benlamlih.

Wakil Direktur Hitachi, Shigeru Azuhata, mengatakan Indonesia telah diidentifikasi sebagai salah satu kawasan utama di Asia Tenggara yang diharapkan mengalami peningkatan bisnis inovasi sosial.

“Permintaan infrastruktur di Indonesia meningkat karena posisinya sebagai salah satu kekuatan ekonomi di Asia tengah berkembang,” kata Azuhata.

Hitachi Eco Conference 2012 dihadiri sekitar 300 peserta dari berbagai sektor. Konferensi ini diselenggarakan hari Kamis tanggal 16 Februari 2012 di Hotel Shangri La, Jakarta dan merupakan konferensi ke tiga, setelah 2 konferensi sebelumnya dilakukan tahun 2009 dan 2010 di Singapura. Tema yang diusung tahun ini adalah: Economic Development and Sustainable Infrastucture , dengan fokus pertumbuhan ekonomi yang seimbang dan konservasi lingkungan, serta infrastruktur yang menunjang pembangunan secara berkelanjutan.

Hadir pada kesempatan tersebut Prof Emil Salim dengan issue lingkungannya dan beberapa pembicara lain, termasuk tuan rumah, Hitachi, yang menawarkan konsep Smart City.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *